06 June 2013

Sulitnya Berhenti Nge-game

Anak muda dan game. 
Di masa sekarang 2 hal tersebut sangat sulit untuk dipisahkan. Di setiap warnet yang saya singgahi hampir selalu saya menemukan anak - anak muda asik bermain game online dari berbagai genre. 




Kadang saking asiknya, mereka seperti enggan untuk diganggu dan mengalihkan pandangan dari layar monitornya. Bahkan ada beberapa kasus dimana tingkat adiktif gamer muda sudah demikian mengkhawatirkan hingga menyebabkan kematian. 


Click to enlarge 


Ngeri? Eits, jangan dulu ya.. Baiknya kita juga perlu mengetahui apa saja faktor - faktor yang bisa menyebabkan orang menjadi kecanduan game. 


Click to enlarge 


Jika dijabarkan satu persatu tentunya tidak akan habis satu hari penuh untuk membahasnya. Di sini saya coba menjabarkan beberapa faktor yang menjadi kemungkinan penyebab orang ketagihan game.



1. Penghargaan 
Dalam dunia game online, kita seringkali mendapat banyak hal yang tidak bisa kita dapatkan di dunia nyata. Misalnya di dunia nyata kita adalah anak yang biasa-biasa saja, tetapi di dunia game kita bisa saja menjadi pribadi yang lain. Mempunyai karakter game yang dasyat dan powerful. 

2. Rasa tanggung jawab menjadi pemimpin
Apabila kita dipercaya untuk memimpin suatu clan atau guild di dalam game, maka kita akan memiliki rasa memiliki dan bertanggungjawab terhadap kelangsungan clan atau guild yang kita pimpin. Bagaimana mempertahankan komunitas yang kita punya supaya tetap menjadi solid dan kuat.

3. Uang saku dari game online
Tidak bisa disangkal kebanyakan gamers di Indonesia memanfaatkan game online sevagai sarana menambah uang saku atau bahkan mata pencaharian. Caranya adalah dengan menjual berbagai macam armor dan equipment.  

4. Uang saku habis karena game online
Point terakhir ini adalah kebalikan dari point nomer 3. Karena rata-rata gamers tipe ke 4 ini menggunakan uang pribadi nya untuk membesarkan character game mereka. Dan ketika ia memutuskan untuk berhenti bermain maka sangatlah berat karena uang yang dihabiskan sudah sangat banyak.



Tips dan trick bermain game online sehat :

1. Manage your time
Disiplinkan diri anda dalam bermain. Buatlah beberapa peraturan untuk diri sendiri yang harus anda patuhi. Misalnya : bermain sehari maksimal 4 jam saja. Atau seminggu cukup 3x bermain game.

2. Do some exercise 
Jangan biarkan waktu luang anda terbuang percuma. Isilah dengan kegiatan lain yang bermanfaat seperti olahraga. Misalnya : berenang, futsal atau bermain basket.

3. Real life is your life
Ingatlah selalu bahwa kehidupan di dunia nyata lebih penting daripada kehidupan di dunia game online. Jangan pernah tinggalkan kewajiban kalian seperti sekolah, kuliah atau bekerja hanya untuk bermain game.  Tidak usah terlalu berkecil hati apabila karakter game kamu cupu, karena toh kalian tidak akan menikah dan bekerja di dalam dunia game bukan?

4. Get a girl (..or boy?) 
Jurus ampuh untuk mengurangi intensitas bermain game. Karena biasanya ketika kita mempunyai pacar, maka waktu kita akan banyak dihabiskan bersama pacar kita tersebut. Dan keinginan untuk bermain game menjadi sedikit lebih terkontrol. 

Gemma Atkinson

No comments: